Kamis, 02 Juli 2015

Pengertian Sport Massage

Sport adalah kegiatan aktifitas fisik yang melibatkan gerak badan dengan memanfaatkan otot rangka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.  Massage sendiri merupakan salah satu bentuk manipulasi / teknik melulut atau memijat sederhana yang pertama-tama ditemukan manusia untuk meringankan rasa sakit dan menghasilkan efek lebih baik / kesembuhan dengan cara mengelus-elus/ mengusap perlahan dan halus secara spontan pada sekitar bagian yang sakit.
Jadi Sports massage adalah jenis terapi pijat yang menstimulasi sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan kelenjar getah bening. Dengan menggunakan teknik memijat melulut dengan tangan pada bagian tubuh yang lunak.  Sports massage dibutuhkan bukan hanya oleh atlet baik yang professional maupun amatir,  tetapi juga oleh mereka yang memiliki aktivitas non-olahraga tetapi lebih banyak memforsir kerja tubuh, misalnya ibu yang sering menggendong anak yang masih kecil, juru-juru masak yang bekerja di rumah-rumah makan dan pekerja kantor yang seringkali duduk di depan komputer dalam kurun waktu yang lama sehinggga menghasilkan efek tubuh yang tidak nyaman.
Sport massage merupakan teknik memijat / melulut dengan tangan (manipulasi) pada bagian tubuh yang lunak dengan prosedur manual ataupun mekanik yang dilaksanakan secara metodik dan ritmis dengan tujuan untuk menghasilkan efek-efek fisiologis , profilaktikdan terapeutik / pengobatan pada tubuh. Manipulasi ini dilakukan secara sistematis dan berurutan sesuai dengan anatomi tubuh manusia yaitu dari permukaan otot kearah dalam bagian tubuh yang lunak /mucous dan jaringan dibawah kulit (konjunktiva) dan lapisan lemak , perototan , pembuluh darah , jaringan persyarafan periferis/ syaraf tepi dan jaringan lain serta organ tubuh bagian dalam. Ada dua macam prosedur sport massage , secara manual dan mekanik (Burhanudin Tsanidi 11.36 ). hal ini juga sesuai dengan postingan Dammam (10/01/2014) yang mengumukakan bahwa sport massage adalah salah satu metode fisioterapi dengan terapi pijat yang sudah dilakukan ribuan tahun lalu, dengan cara menstimulasi sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Banyak atlet yang melakukan terapi pijat ini untuk mengurangi ketegangan saraf dan membuat rileks pikiran sebelum menghadapi even olah raga yang penting.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar